Kamis, 01 Februari 2018

Keistimewaan Super, Blue dan Blood Moon 31 Januari 2018

Fenomena astronomi maha langka ini, mungkin akan terjadi sekitar 150 tahun yang akan datang. Begitulah kata ilmuan dan para ahli dari berbagai jagat raya ini tentang gerhana bulan yang terjadi pada akhir bulan Januari.
IMG_20180201_061555.jpg
Bloodmoon | Steemit Sikonyol.com
Gerhana bulan yang terjadi hampir 5 jam ini, mencakup tiga peristiwa dalam sewaktu yang sama, yaitu Super moon, Blue moon dan Blood moon. Sehingga dianggap memiliki keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan gerhana bulan yang sering-sering terjadi.

Diantara keistimewaan tersebut, ialah :

1. Super Moon
Super moon ialah sebuah fenomena, dimana orbit bulan yang berbentuk oval, yang berevolusi mengelilingi bumi ini berada pada titik dekat dengan bumi sekitar 360.000 kilometer. Sehingga bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang.

2. Blue Moon
Teenyata blue moon bukanlah "Bulan Biru". Akan tetapi blue moon merupakan sebuah peristiwa yang terjadi dimana sebelumnya, pada bulan yang sama dan tahun yang sama 2018, tepatnya pada tanggal 2 Januari 2018, gerhana bulan juga terjadi. Sehingga akibat terjadinya dua kali purnama dalam satu bulan yang sama, maka di sebutlah Blue moon.

3. Blood moon
Ini merupakan sebuah kejadian yang sering terjadi, yaitu gerhana bulan. Tapi Gerhana bulan yang dimaksud Blood moon, dimana bulan berada pada satu posisi garis lurus bumi dan matahari. Sehingga bulan berada didalam bayang-bayang bumi, yang menyebabkan bulan menjadi merah seperti berdarah.

Itulah keistimewaan Super, blue dan blood moon yang terjadi pada 31 Januari 2018 ini.
Comments


EmoticonEmoticon