Rabu, 11 Februari 2015

Gara-gara Orangutan, Raline Shah Dikecam

Raline Shah menggendong bayi orangutan bernama Steve (Foto:Instagram)
Melalui akun Instagram, Raline mengunggah foto yang menunjukkan kedekatan dengan bayi orangutan. Raline memperlakukan orangutan itu bagai seorang anak manusia.

Ada setidaknya delapan foto bersama bayi orangutan yang diunggah Raline. Orangutan yang disebut Raline dengan nama Steve itu mengenakan kaus. Ada foto di mana bintang film "5 cm" ini menggendong Steve usai dimandikan, dan disuapi pisang.

Rangkaian foto Raline dengan bayi orangutan itu langsung menuai ratusan komentar. Ada yang memuji, ada pula yang berang.

"Mohon dengan sangat untuk menghapus foto orangutan yang 'dimanusiakan' karena efek dari foto yang dipublish tersebut berakibat punahnya orangutan," terang akun @orangutan_cop yang tidak lain milik Lembaga Swadaya Masyarakat Centre for Orangutan Protection di kolom komentar foto Raline, pada Minggu (1/2/2015).

Akun @orangutan_cop menjelaskan lebih rinci bahwa tindakan Raline dikhawatirkan akan membentuk opini bahwa orangutan adalah binatang peliharaan. Jika banyak yang berpikir seperti itu, bukan tidak mungkin permintaan masyarakat akan orangutan meningkat dan perburuan liar terus terjadi.
Masih menurut penuturan akun @orangutan_cop, jika orangutan dipelihara akan berbahaya karena sewaktu-waktu saat orangutan dewasa bisa menggigit dan mencengkeram dengan keras. Orangutan yang dipelihara juga akan membuatnya sulit kembali ke alam karena perilaku dan pola hidupnya sudah berbeda

Seseorang di balik akun @astaridona juga menyarankan Raline mengembalikan bayi orangutan ke habitat aslinya di hutan. Bahkan, @astaridona meminta bintang iklan shampo ini menghapus foto bersama bayi orangutan.

"Dengan adanya foto mbak Raline ini dapat memicu minat banyak orang untuk memelihara OU (orangutan) secara pribadi, terutama masyarakat dari kelas mengah keatas, permintaan akan OU meningkat, perburuan dan penjualbelian OU akan makin marak dan berujung dengan punahnya orang utan dari habitat aslinya," jelas @astaridona.
"Tidak ada gunanya menuai kontroversi seperti ini, mungkin niat mbak memang baik ingin menyelamatkan OU orphan ini, tapi semua sudah ada prosedurnya, sudah ada lembaga yg terpercaya untuk hal itu seperti yg sudah disebutkan beberapa orang yg komen di foto mbak Raline. Maka itu dengan hormat saya minta mbak Raline menghapus foto ini karena saya tidak melihat adanya manfaat mempublish foto2 ini selain untuk kebanggaan semata. Terima kasih," lanjut @astaridona panjang lebar.

Sayangnya, komen @astaridona ini memicu muncul komentar negatif follower lain. Mereka tak segan menghujat balik. Raline sendiri belum mengomentari kontroversi ini.


Comments


EmoticonEmoticon