Rabu, 07 September 2016

Lelaki Lanjut Usia Disarankan Jangan Banyak Bercinta

Kakek Nenek
Banyak penelitian menyebut, bercinta secara teratur bagus untuk kesehatan. Namun, sebuah studi terkini menemukan bahwa lelaki berusia lanjut yang terlalu sering bercinta berada pada risiko tinggi mengidap serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Peneliti mengatakan, risiko ini meningkat ketika lelaki berusia lanjut masih aktif melakukan hubungan seks 1-2 kali seminggu. Namun peneliti mengatakan bahwa risiko ini hanya dialami lelaki berusia lanjut, karena pada perempuan berusia lanjut, seks dapat menurunkan risiko hipertensi.

“Temuan ini membantah asumsi banyak orang yang mengatakan bahwa seks membawa manfaat kesehatan untuk semua orang,” ujar Hui Liu selaku Associate Professor di Michigan State University di Amerika Serikat.

Untuk mendapat temuan ini, Liu dan rekan-rekannya menganalisis data dari 2.204 orang berusia 57-85 tahun yang disurvei.

Ia juga menemukan bahwa lelaki berusia lanjut yang cenderung menikmati aktivitas seksualnya, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap masalah kardiovaskular, dibandingkan lelaki yang tak lagi menikmati hubungan seksualnya.

Liu mengungkap alasan di balik temuannya ini. Ia mengatakan, laki-laki usia lanjut cenderung mengalami kesulitan untuk mencapai orgasme. Mereka lebih mungkin untuk mengalami kelelahan dan stres demi mencapai puncak kepuasan.

“Pada akhirnya hal ini mempengaruhi kondisi kesehatan sistem kardiovaskular dan menempatkan mereka pada risiko tinggi mengidap masalah kardiovaskular,” tambahnya.

Bagi perempuan, hal ini menjadi cerita yang berbeda. Liu menemukan bahwa perempuan berusia lanjut yang masih mengalami kepuasan saat berhubungan seks, justru memiliki risiko 5 kali lebih rendah mengidap hipertensi.

“Kami punya kabar baik bagi perempuan, dimana hubungan seksual berkualitas dapat melindungi mereka dari risiko mengidap gangguan kardiovaskular, kemudian hari,” pungkas Liu. (Zeenews)



| Suara.com
Comments


EmoticonEmoticon