Kamis, 02 Februari 2017

4 Manfaat Olahraga Panahan

Panahan (Inggris:Archery) merupakan suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Panah atau busur ditemukan pada masa Paleolitik atau awal periode Mesolitik. 
Seleb Panahan | Liputan6
Petunjuk tertua akan fungsinya di Eropa datang dari Stellmoor di Lembah Ahrensburg, bagian utara dari Hamburg, Jerman dan tanggal dari akhir Paleolitik, sekitar 10.000-9.000 SM. Panah dibuat dari kayu pinus dan terdiri dari poros utama dan sebuah poros depan sepanjang 15-20 sentimeter atau 6-8 inci dengan sebuah titik batu.

Meski demikian, ternyata olahraga panahan memiliki manfaat yang sangat baik. Diantara manfaat tersebut,  ada empat manfaat yang memiliki nilai positif untuk olahraga panahan.

1. Ketenangan
Jiwa yang tenang adalah sebuah dambaan dari banyak orang. Namun ketenangan tersebut sering gagal diraih oleh kebanyakan orang. Akan tetapi melalui olahraga panahan ini bisa membuat jiwa terbiasa dalam keadaan tenag. Sebab saat melakukan panahan, biasa sangat dibutuhkan jiwa yang tenang agar bisa membidik sasaran dengan tepat.

2. Melatih Fokus. 
Ada yang bilang, bahwa gagal fokus sering disebabkan oleh kurang minum. Tapi itu hanya iklan saja. Sebab fokus itu akan ada bila sering dilatih. Latihannya bisa didapatkan diolahraga panahan ini. Sebab, panahan ini sudah barang tentu adanya target yang harus dibidik. Hal tersebut sangat membutuhkan fokus. Agar pemanahnya bisa fokus dan konsentrasi terhadap sasaran yang dibidiknya.

3. Keberanian 
Sebagai seorang pemanah, selain meiliki jiwa yang tenang dan fokus, ternyata olahraga ini sangat membutuhkan keberanian. Keberanian yang diperlukan disini ialah keberanian untuk melepaskan anak panah walapun dalam keadaan sulit. 

4. Mengasah Mental 
Saat memanah, setiap orang memiliki titik target. Hal tersebut melatih mental seseorang agar selalu berupaya untuk memanah pada titik target yang dinginkan. Sebab bila tanpa mental, maka pemanah sering tidak percaya diri saat tampil atau saat sedang memanah.

Demikian info yang dapat kami sampaikan semoga pembaca blog Bongkahan Ilmu yang bersemboyankan "Share Info untuk Pembaca" bisa memberi manfaat.



Comments


EmoticonEmoticon