Rabu, 11 Februari 2015

Waduh... Gara-gara Jas, Malu Jadinya

Foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersanding dengan Raja Brunei rame dibicarakan netizen. Diantaranya mereka mendiskusikan tentang bagaimana etika mengenakan kancing jas yang dikenakan Jokowi dan Sultan Bolkiah.

Ya betapa tidak ini adalah icon dan marwah bangsa. Bila orang nomor satu Indonesia mengenakan pakaian demikian itu mencerminkan sikap dan prilaku yang asal-asalan. Seperti didalam foto milik The Brunei Times itu mengambarkan jas Jokowi yang tak dikancingkan seluruhnya dan terkesan tak rapi. Sementara Sultan Bolkiah tampak rapi.


Sedangkan yang kita tahu Jas adalah simbol pakaian Internasional yang berasal dari Budaya Eropa, dimana ada etika khusus yang perlu diketahui saat mengenakannya. Akan tetapi presiden Indonesia yang ke-7 ini malah kurang memperhatikan moment-moment tertentu bersama pejabat negara lain.

Seharusnya beliau selaku Orang nomor satu harus memperhatikan etika mengancingkan beberapa tipe jas seperti kancing satu, dua dan kancing tiga seperti yang dikutip dari artofmanliness.com dan realmansytle

:

1. Jas Satu Kancing

- Tipe jas ini paling mudah diingat, kancing baju dikancing jika berdiri dan dilepas ketika duduk.

2. Jas Dua Kancing

- Tipe jas kancing dua, kancing paling atas dikancingkan sedangkan kancing di bawah tak dikancingkan, memang terlihat seperti tak rapi, tapi pada dasarnya, tak mengancingkan satu kancing memudah Anda bergerak.

3. Jas Tiga Kancing

- Jas tiga kancing, Anda punya pilihan, mengancingkan dua tombol teratas dan melepas kancing terbawah, atau hanya mengancingkan tombol tengah saja.




Comments

1 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon