Kamis, 12 Februari 2015

Cara Membuat Scroll Bar (tarik ulur) Di Postingan Blog

Sedikit penjelasan dan pengetahuan untuk sobat tentang definisi serta fungsi dan kegunaanya Scroll Bar adalah untuk memudahkan kita apabila ada kode atau tulisan yang sangat panjang agar tidak memakan terlalu banyak tempat atau bisa juga dibilang untuk mengefisienkan tempat atau halaman blog sehingga tidak terlalu panjang kebawah. Intinya tampilan posting blog kita jadi singkat dan dinamis.

Cara Membuat scroll bar (tarik ulur) di posting blog sangatlah mudah, Caranya hampir sama seperti saat kita menulis postingan blog. Namun yang paling penting adalah jangan lupa sobat copy/paste atau Tulis Kode script di bawah ini pada mode HTML (bukan Compose) di bagian posting blog.

Contoh Scroll Bar (tarik Ulur)..

Belum usai pro dan kontra selfie dengan bayi orangutan (baca di sini), Raline Shah mengunggah foto dirinya tengah duduk manis di atas seekor buaya besar.

Tampak, Raline duduk menyamping dengan bertopang pada tangan kiri, kedua kakinya naik di atas punggung sang buaya. Sementara, jari tangan kanan Raline membentuk simbol V. Wajah cantik bintang film "99 Cahaya di Langit Eropa" itu berpose ala duck face.


Buaya yang sekilas terlihat buas dan mengerikan itu ternyata jinak. Usia reptil bertubuh besar yang hidup di air itu disebut salah satu follower, sangat tua. Saking tuanya, buaya itu ompong.

Jika sobat tertarik menggunakannya silahkan copy/paste scrip dibawah ini pada Halaman Entri baru dengan mode HTML (bukan Compose).

<div style="border: 1px solid #eee; height: 100px; overflow: auto; padding: 10px; width:400px;">
Letakan Tulisan / Kode HTML Sobat Disini
</div>

Setelah meletakan kode HTML di atas pada halaman edit HTML, sobat bisa melakukan pengecekan pada halaman Compose.

Keterangan :
100px : Kode untuk mengatur tinggi pada kolom scroll.
400px : Kode untuk mengatur lebar pada kolom scroll.

Demikian artikel Tutorial tentang Cara Membuat Scroll Bar Di Postingan Blog. Semoga bermanfaat bagi sobat blogger. Jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.

Salam Blogger
Comments


EmoticonEmoticon